18 Januari 2011

Ilmuwan Temukan Chip dengan 1.000 Prosesor Di dalamnya


Apa yang terlintas di benak Anda tentang chip dengan 1.000 prosesor di dalamnya? Ini tidak mengada-ada, chip itu memang benar ada dan para ilmuwan di Skotlandia lah yang telah membuatnya.

Para ilmuwan dari University of Glasgow ini mengklaim, chip buatan mereka bisa membuat PC 'berlari' 20 kali lebih cepat. Tentu ini sebuah penemuan yang menarik mengingat rata-rata PC saat ini baru memiliki prosesor dengan dua hingga empat core atau ada juga yang 16 core.

Dr Wim Vanderbauwhede yang memimpin riset pembuatan chip yang dinamakan field programmable gate array (FPGA) ini menyebutkan, meski kecepatannya super, FPGA yang mampu mengolah sekitar lima Gigabyte data per detik ini tidak boros energi karena mendukung teknologi ramah lingkungan serta menghemat listrik.

"Saya yakin jenis prosesor semacam ini akan umum digunakan di masa yang akan datang dan membantu meningkatkan kecepatan komputer," kata Vanderbauwhede.

Vanderbauwhede juga menyebutkan chip super seperti yang dibuat timnya tengah dikembangkan juga oleh produsen pembuat chip besar seperti Intel. (Detik/Daily Mail)

0 komentar:

Blog Archive