15 Januari 2011

Windows 7 Versi Terbaru Bahasa Afrika


NAIROBI – Bahasa yang terdapat di sistem operasi terbaru besutan Microsoft, Windows 7, akan diterjemahkan ke 10 bahasa Afrika. Upaya tersebut untuk menningkatkan penggunaan Windows 7 sekaligus melawan pembajakan.
Sepuluh bahasa yang rencananya akan direalisasikan pada 2011 tersebut adalah bahasa Sesotho sa Leboa, Setswana, isiXhosa, isiZulu, Afrikaans, Hausa, Igbo, Yoruba, kiSwahili dan Amharic.
“Ini terkait dengan akses teknologi di benua Afrika agar lebih familiar dengan konteks dan bahasa sehingga mampu memecahkan hambatan yang selama ini terjadi,” ujar Mark Matunga, Manager Microsoft Eastern and Southern Africa seperti dikutip dari PC World, Senin (30/11/2009).
Selama ini, bahasa yang sering digunakan dalam dunia teknologi Afrika adalah Inggris dan Perancis. Terkadang masyarakat Afrika sulit untuk mengerti bahasa-bahasa tersebut.
“Kehadiran terjemahan windows 7 ke bahasa lokal menjamin pengguna di Afrika untuk lebih baik dalam mengekspresikan idenya bahkan untuk di blog, situs berita, dan email,” ujar Francis Hook, Manager IDC East Africa.
Penerjemahan bahasa ke dalam bahasa lokal, menurut Hook, juga dapat membantu masyarakat Afrika menuju era globalisasi. Dengan adanya bahasa lokal, masyarakat Afrika dapat mengikuti isu-isu di luar dan mengekspresikan pendapatnya lewat bahasa lokal.
Negara seperti Tanzania nantinya dapat menggunakan bahasa Kiswahili di MS Office, sedangkan Etopia akan menggunakan bahasa Amharic. “Bahasa memiliki kekuatan untuk memberikan gambaran kepada setiap orang untuk suatu produk dan internet, orang menginginkan produk tersebut mewakili komunitasnya,” kata ahli linguistik University of Nairobi, Hezron Mogambi.

link:okezone.com

0 komentar:

Blog Archive